Jumat, 14 Maret 2008

MUSIK EFEKTIF ? ( analisis kritik Komunikasi )

Musik ! siapa yang tidak kenal dengan kata yang satu ini, mulai dari yang kecil sampai dengan yang dewasapun ,mulai dari jazz sampai ke yang rockpun pasti kita pernah mendengarkannya ,meskipun kita sering mendengarkannya tapi kita jarang sekali mengerti atau faham apa yang sebenarnya di inginkan dari sebuah isi musik itu sendiri.
Musik merupakan alat bagi seseorang untuk menyampaikan sesuatu yang di inginkan oleh yang berkepentingan.( penyanyi dan pengarang )
Dalam musik itu sendiri terdapat paling tidak dua unsur penting yakni symbol dan isi atau makna dari symbol itu sendiri..Simbol di sini bisa terwujud dalam bentuk bahasa/syair .
Di indonesia musik di pandang sebagai salah satu instrument dalam hal penyampaian pesan .Pesan yang disampaikan terwujud dalam syair /lagu ini biasanya berirama sehingga dapat memudahkan bagi mereka yang nantinya pesan tersebut .toh kenyataannya tidak semudah tersebut
Dalam contoh kasus ,Semisal lagu Jamrud yang berjudul Senandung raja singa ,

Yang berbunyi sebagai berikut :

Beli kaset beli karpet

Harus turun, naik bukit

Lupa pakai si jaket karet

Jadinya anuku sakit.

Dalam sebagian syair lagu tersebut, mereka ingin mensosialisasikan penggunaan kondom kepada para remaja-remaja yang terlibat pergaulan bebas,hal ini di maksudkan supaya mereka tidak sampai terkena HIV/AIDS .dan masih banyak contoh yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu di sini.tapi dalam intinya setiap syair lagu pasti mengandung pesan-pesan yang ingin di sampaikan oleh para penyanyi maupun pencipta lagu.
Dalam ilmu komunikasi ,hal mengenai penyampaian pesan lewat syair-syair lagu tersebut menarik untuk di kaji lebih dalam ,terlebih terlebih selama ini kita sering di suguhkan hal-hal konvensional dan instruksional dalam penyampaian pesan dan terkesan sangat monoton.
Masih dalam ilmu Komunikasi ,Para penyanyi maupun pengarang lagu sejatinya mereka hanya ingin menawarkan kepada kita atau mengajak kita untuk bertransaksi symbol-simbol yang mereka miliki dan yang kita miliki .ketika dalam proses transaksi ini di harapkan terjadi hubungan simbiosis mutualisme dalam upaya mencapai konsepsi pemahaman bersama.

Pesan yang tersembunyi
Pada dasarnya sebuah pesan haruslah dapat mengenah pada sasaran maka konsekwensinya kita harus membungkus pesan itu dengan kemasan yang baik.Berawal dari sinilah menarik bagi saya untuk mengetahui apa sih yang ada dalam lagu itu ? apakah ada makna di balik itu ? terus bagaimana dengan pesan yang ingin di sampaikan ?.
Untuk menjawab hal ini kita akan mengawali mulai melihat dari konteks lagu tersebut ,adalah mustahil bagi seorang penyanyi ataupun pengarang dalam menuangkan kreatifitasnya untuk membuat sebuah karya ( lagu ) mereka tidak tahu apa makna yang tersirat ,makna yang ingin di sampaikan ,karena dengan hal inilah sebenarnya mereka sedang di uji.kualitasnya.
Lagu-lagu yang mereka ciptakan tidak serta merta ingin berlalu begitu saja ,akan tetapi mereka ingin sebuah lagu itu bisa berkesan kepada orang yang mendengarnya ,untuk itulah tidak mudah bagi penikmat sebuah karya bisa langsung memahami bagi mereka tanpa mengetahui apa makna yang ada dalam sebuah karya tersebut ,sehingga seorang penyanyi atau pengarang di tuntut untuk membuat kemasan yang tampak sebaik mungkin

Komunikasi yang Efektif .
Seorang Bob Marley yang seperti itu saja bisa menghipnotis jutaan orang karena lagu-lagu yang ia ciptakan bahkan yang paling heran bagi saya adalah bagaimana seorang Rastafarian itu meniru ,mencontoh ,mengadopsi semua apa yang ada dalam diri seorang bob Marley dan bahkan yang lebih ekstrimnya lagi mereka memuja dan menganggap ia sebagai seorang dewa atau tuhan.
Dari contoh kasus di atas ,menarik sekali untuk di kaji lebih dalam, dalam konteks komunikasi saya menangkap sesuatu yang sangat menonjol dalam hal mempengaruhi seseorang lewat lagu-lagunya yakni bagaimana cara pesan itu di sampaikan dan makna pesan yang ada di dalamnya.
Bagaimana cara pesan itu di sampaikan adalah seorang bob Marley dalam menyampaikan pesan tersebut tidak berusaha menutup-nutupi ,semua berjalan dengan sendirinya dan apa adanya.Dan yang paling penting adalah makna dari lagu-lagunya kebanyakan lagu dari bob Marley mengajak kita untuk natural ,bebas ,tidak di buat-buat ,kemerdekaan diri sendiri sehingga orang yang menganut faham ini akan merasa enjoy dalam melangsungkan kehidupannya.
Dari sini saya berpendapat bahwa makna yang ingin di sampaikan sebagai pesan dalam sebuah lagu sangat efektif ,dan hal ini bisa di katakan bahwa komunikasi itu juga berjalan efektif pula ,karena dapat merubah dari sisi-sisi afeksi , kognisi , psikomotorik dari seorang / ranah psikologinya.

Tidak ada komentar: